Beranda » Adventure » Lava Tour Merapi; Petualangan tur Jeep Gunung Merapi

Lava Tour Merapi

Gunung Merapi terkenal sebagai gunung berapi paling aktif di Indonesia bahkan mungkin di Asia. Hal ini membuat keindahan Merapi terkesan berbahaya namun penuh dengan petualangan, dengan pemandangan dan aktivitas di sekitar kawasan gunung. Selain beberapa taman, museum dan juga area peristirahatan, Merapi juga terkenal dengan kegiatan petualangan-nya. Lava Tour Merapi adalah salah satu hal yang harus dilakukan ketika Anda berada di Yogyakarta. Tur ini menjelajahi lereng gunung di sekitarnya dengan mobil jeep kabin terbuka.

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi Gunung Merapi di samping mendaki gunung atau mengunjungi tempat wisata terkini seperti Merapi Park atau museum Ullen Sentalu, Lava Tour Merapi bisa Anda coba sebagai pengalaman baru berlibur. Anda dapat menuju ke beberapa titik penjemputan terdekat di sekitar area Kaliurang, seperti Tlogoputri, Taman Wisata Kaliurang  atau di dekat The Lost World Castle. Anda juga dapat menuju ke daerah Cangkringan, sisi timur daerah Merapi untuk menemukan tempat penyewaan untuk mengikuti Lava Tour Merapi.

Menjelajahi Jalur Lava Merapi

Lava Tour Merapi Lava Tour Merapi mengambil rute menyusuri jalur lahar dan sungai yang sebelumnya dilewati oleh lahar panas saat terjadi letusan. Erupsi terakhir meninggalkan jejak yang bisa dilewati oleh mobil jeep. Anda bisa merasakan sensasi berkendara melalui sungai, naik dan turun bukit dengan gunung Merapi sebagai latar belakang pemandangan. Kawasan bekas jalur lahar dingin ini membantuk semacam jejak jalan yang kemudian dijadikan rute yang dilalui mobil jeep saat tur ini.

Selain menyusuri jejak lahar dingin, Anda juga dapat mampir ke monumen Museum Sisa Hartaku, merupakan rumah yang tersisa dari serangan erupsi Gunung Merapi hingga terbakar pada tahun 2013. Dari tempat ini kita bisa menyaksikan bagaimana letusan gunung api telah menghancurkan rumah-rumah dan sekitarnya, hanya meninggalkan sisa-sisa material seperti batu dan pasir besar. Anda juga akan melewati beberapa desa yang terkena dampak letusan di erupsi yang lalu. Selain museum dan pemandangan wilayah bekas desa yang dihancurkan lahar dingin, ada juga material seperti batu-batu besar yang disebut Batu Alien yang terlempar keluar dari gunung berapi ketika letusan dahsyat. Batu-batu ini terbawa oleh letusan dan berdiri di tanah menyerupai monumen/tugu. Di dekat batu ini Anda dapat menyaksikan sungai besar yang merupakan jalur sungai yang menjadi aliran lahar di Merapi. Pemandangan dari tempat ini cukup menakjubkan dan indah. Masih dari titik batu Alien, Anda dapat berhenti sejenak mengunjungi bungker di Kaliadem. Saat ini bunker tersebut tidak lagi digunakan sejak 2006 dikarenakan ada dua orang pernah ditemukan mati di dalam saat terjadi letusan. Di atas bungker ini pula, pemandangan juga cukup bagus untuk berfoto.

Matahari Terbit Di Atas Lereng Merapi

Lavatour Merapi Menjelajahi Merapi dengan menaiki wahana jeep di Lava Tour Merapi, Anda bisa berhenti di beberapa tempat wisata menarik. Tidak hanya melihat bekas area yang terdampak erupsi, Anda juga dapat menantikan matahari terbit dan terbenam di atas gunung dengan melakukan Lava Tour Merapi ini. Kunjungi wisata matahari terbenam, dengan cara Anda bisa naik jeep untuk ikut wisata Lava Tour Merapi setelah sebelumnya mengunjungi Kaliadem dan museum terlebih dahulu. Titik untuk menantikan matahari terbit dan terbenam di Lava Tour Merapi berada di atas bungker Kaliadem, dari sini pemandangannya lebih bagus untuk melihat sungai dan gunung. And juga bisa mengunjungi Gunung Merapi ketika Anda ingin melihat matahari terbit dan terbenam dari atas gunung.

Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi  Lava Tour Merapi?

Kebanyakan orang paling sering memilih musim kemarau untuk melakukan Lava Tour Merapi karena tidak perlu khawatir tentang curah hujan selama melakukan perjalanan. Tetapi jika Anda ingin mencoba sensasi lain untuk tur ini, Anda juga dapat memilih waktu kapan saja Anda mau. Untuk jam terbaik tur ini, mulailah lebih pagi sekitar pukul 3 atau 4 pagi untuk menantikan matahari terbit pada pukul 5 pagi dan pukul 4 sore untuk melihat matahari terbenam pada pukul 5 sore. Pilihan menginap di sekitar kawasan Kaliurang untuk menikmati matahari terbit atau terbenam atau berkemah juga merupakan ide yang bisa Anda pertimbangkan dalam kunjungan ini.

Bagaimana Cara Menuju Lava Tour Merapi?

Jika Anda berangkat dari kota Yogyakarta, Anda dapat pergi ke arah utara menuju Gunung Merapi. Karena tidak ada angkutan umum ke Kaliurang, Anda dapat mengambil jalan ke arah Cangkringan atau cukup cari pusat informasi lava tour di sekitar Kaliurang. Pusat wisata lava tour Merapi menyebar di sekitar daerah Kaliurang, sekitar The Lost World Castle, Tlogoputri atau Taman Wisata Kaliurang.

Merapi Lava Tour tersedia dalam paket untuk tiga hingga lima orang dalam satu paket sehingga Anda dapat memesan tur untuk kelompok-kelompok kecil, bersama kolega atau keluarga. Harga untuk Lava Tour Merapi adalah tergantung pada durasi tur-nya, dari satu jam hingga lima jam, mulai dari Rp. 350.000,- hingga Rp. 600.000,-. Paket tur sepenuhnya dioperasikan oleh jeep-willys dengan sopir berpengalaman dan selama perjalanan akan ada beberapa pemberhentian di museum, titik batu, dan bunker Kaliadem juga di titik matahari terbit / terbenam.

Apa Yang Perlu Diperhatikan di Lava Tour Merapi?

1. Periksa cuaca Selalu periksa ramalan cuaca sehari atau malam sebelum Anda melakukan tur untuk memperkirakan situasi esok hari. Setidaknya untuk berjaga-jaga. 2. Kenakan pakaian yang nyaman dan ringan Selama lava tour di siang hari seringkali cuaca panas dan matahari cerah sehingga lebih baik memakai pakaian yang ringan dan tertutup selama perjalanan. 3. Bawa topi, payung dan pelindung Anda Gunakan tabir surya, topi atau kacamata hitam untuk melindungi Anda dari sinar matahari langsung. Masker wajah juga direkomendasikan selama mengikuti tur, berjaga-jaga dari debu. 4. Tanyakan vendor tentang pilihan kendaraan Anda hampir tidak dapat memilih jenis kendaraan yang tersedia untuk disewa di Lava tours. Namun, vendor biasanya memiliki beberapa pilihan kendaraan, dari yang besar ke yang kecil. Pilih jenis kendaraan yang terbaru atau yang paling ringan untuk mencapai titik tertentu yang hanya dapat diakses oleh jeep berukuran kecil.

Informasi Tiket dan Objek Wisata Terdekat

Tiket: mulai dari Rp. 350.000,- hingga Rp. 600.000,- (tergantung durasi dan jumlah orang) Objek wisata terdekat: Kaliurang Park, Taman Merapi, The Lost World Castle, Kaliadem bunker.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

penggemar jalan-jalan, makan-makan dan baca-baca.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.