Beranda » Candi » Candi Selogriyo ; Pesona yang tersembunyi diatas Bukit

Yogyakarta memiliki beberapa situs candi yang tersebar di wilayah timur dan selatan Daerah istimewa Yogyakarta. Tidak hanya candi Prambanan, Borobudur atau Ratu Boko saja tetapi juga masih ada candi-candi kecil lainnya. Tak jauh dari kawasan Candi Borobudur terletak situs candi lain yaitu Candi Selogriyo.

Candi Selogriyo merupakan candi hindu yang ditemukan pada tahun sekitar 1835 di Dusun Campurejo, desa Kembangkuning, kecmatan Windusari, Magelang. Lokasinya cukup mendaki diatas bukit yang merupakan bagian dari lereng timur gunung Sumbing. Candi ini dikelilingi pemandangan persawahan yang harus dilewati jika akan menuju candi yang diapit tiga bukit yaitu; Condong, Giyanti dan Malang. Candi Selogriyo Topografi wilayah yang berada di perbukitan mengharuskan kita untuk sedikit berjalan kaki jauh dan mendaki sekitar 3 kilometer hingga sampai di gerbang Candi Selogriyo. Perjalanan sebagian besar hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan jalan kaki. Namun perjalanan yang sulit dan melelahkan akan terbayar jika mendapati pemandangan dari atas kompleks candi. Candi Selo Griyo Selain bangunan candi dan beberapa puing sisa candi kecil, ada pula spot menarik yang mungkin jarang disadari orang ketika berkunjung ke Candi Selogriyo, yaitu ‘patirtaan’ atau pancuran air. Pancuran air ini berada di sebuah jalan kecil menurun dari atah komplek candi. Air yang mengalrir tidak terlampau deras namun stabil dan rasanya sangat sejuk.

Lokasi

Bagaimana Menuju Candi Selogriyo?

Dari arah Yogyakarta. Ambil rute jalan menuju Magelang dan terus ke arah Bandongan sampai di pasar. Dari Pasar Bandongan, bisa mengambil arah ke kanan atau ke arah kecamatan Windusari. Temukan pertigaan dengan penunjuk arah ke Candi Selogriyo lalu ikuti saja petunjuk tersebut. Saran transportasi yang disarankan adalah sepeda motor karena medan yang cukup sempit. Begitu pula dengan kendaraan roda empat juga tidak bisa langsung mencapai lokasi. Jalan menuju candi cukup sempit dan berbukit sehingga hanya kendaraan roda dua yang manual lebih disarankan. Untuk sisanya dapat ditempuh dengan jalan kaki. Untuk kendaraan umum juga tidak ada akses langsung ke arah candi sehingga pilihan lainnya Anda dapat menyewa kendaraan atau cukup mengikuti paket wisata disini. Lokasi candi yang cukup berbukit agak sulit ditempuh dengan kendaraan umum dan kendaraan pribadi jika ingin sampai di lokasi. Anda harus menempuh jarak sekitar 3 kilometer berjalan kaki melewati perkampungan dan area persawahan. Dari area persawahan itu lah baru nampak gerbang menuju candi dan loket tiket. Pemandangan dari loket yang akan langsung disambut dengan deretan tangga sepanjang 200 meter menuju candi Selogriyo.

Apa yang harus diperhatikan di Candi Selogriyo?

1. Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan alas kaki anti-slip. Kawasan candi yang lumayan sulit ditempuh dengan kendaraan pribadi hingga tiba di lokasi maka persiapkan diri untuk berjalan kaki dan mendaki.

2. Perhatikan rute perjalanan Anda. Rute menuju candi khususnya rute pejalan kaki sedikit membingungkan maka tidak ada salahnya bertanya. Ketika melewati perkampungan penduduk, Anda jangan segan bertanya kemana arah menuju candi agar tidak tersesat.

3. Jaga sikap dan sopan santun Karena ada rute pejalan yang melewati perkampungan penduduk maka jangan lupa untuk tetap menjaga sopan santun dan berikan tegur sapa ketika melewati/ berpapasan dengan penduduk setempat.

4. Jaga lah kebersihan Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membawa sampah hingga ke tempat sampah terdekat.

Operasional : 08:00 – 16:00

Waktu Terbaik : sebelum tengah hari agar tidak terlalu panas sehingga menuju candi tidak terlalu melelahkan.

Pengeluaran Wisata per Orang : Rp. 5,000 untuk pengunjung domestik, Rp. 25,000 untuk pengunjung mancanegara Tempat Wisata Lain Terdekat : Candi Borobudur, Bukit Condong – Giyanti – Malang, Sungai Elo

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

penggemar jalan-jalan, makan-makan dan baca-baca.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.